Berapa Sih Hadiah Uang Dari Liga Champions Eropa?


Kebanyakan seorang pelatih dipecat bukan karna gagal menjuarai kompetisi Liga domestik, melainkan karena gagal meraih tiket untuk berpartisipasi pada UCL untuk musim berikutnya.

Alasan itu cukup logis, mungkin selama ini kita hanya mengganggap jika sebuah club yang berambisi tuk tampil di Liga Champions hanya untuk mengangkat status atau hanya haus juara, ada juga yang seperti itu, namun ada juga yang bertujuan untuk menstabilkan keuangan club.

Yap, benar sekali, hadiah yang akan didapat tim sangatlah besar, jangankan menjadi juara, ikut berpartisipasi saja, bisa dapet miliaran, itu didapat dari perolehan hak siar ketika sebuah klub bertanding.

Namun bagi club elit nan kaya seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, hadiah yang mereka peroleh dari Liga Champion tak ada apa apanya dibanding dengan pemasukan yang mereka dapatkan sendiri, dari hak siar, sponsor, maupun penjualan tiket.

Sebentar lagi akan ada pertandingan puncak antara Real Madrid vs Juventus di Millenium Stadium (Cardiff) 04/06/17.

Sumber gambar: bola.com

Selain membahas kekuatan kedua tim, rasanya akan menarik membahas perolehan hadiah yang akan mereka dapatkan bila menjadi juara. Baik Juve maupun Madrid.

Juventus dan Real Madrid akan beradu untuk menjadi yang terbaik dan juga berkesempatan meraup untung besar.

Berdasarkan laporan Totalsportek, juara Liga Champions musim ini akan mendapatkan hadiah uang sebesar 15,5 juta euro (Rp 232,5 miliar) – naik 500.000 euro daripada musim lalu, dan finalis kebagian 11 juta euro (Rp 165 miliar).

Akan tetapi, jumlah itu barulah dari uang hadiah. Klub di Liga Championsmasih akan mendapatkan bonus performa dan pembagian uang dari hak siar.

Setiap tim yang menang pada babak penyisihan akan dapat 1,5 juta euro. Bermain imbang saja sudah kecipratan uang 500.000 euro.

Melangkah ke babak 16 besar, setiap tim diganjar 6 juta euro. Perempat finalis dan semifinalis akan mendapatkan 6,5 juta euro dan 7,5 juta euro.

Jumlah itu belum termasuk 12,7 juta euro yang didapat 32 tim peserta fase grup, termasuk dua finalis kali ini,Juventus dan Real Madrid.

Juventus akan bisa mendapatkan hadiah uang total 55,2 juta euro andai memenangi Liga Champions musim ini. Adapun Real Madrid â€œcuma” 54,2 juta euro.

Perbedaan itu terletak pada hasil di fase grup. Juventus meraih satu kemenangan lebih banyak ketimbang Real Madrid.

Akan tetapi, jumlah itu akan berlipat jika sudah ditambahkan dengan pembagian hak siar (market pool). Tahun lalu saja, Real Madrid mendapat tambahan 40,6 juta euro dari market pool.

Bagaimana dengan Juventus? Meski kalah dari Barcelona pada final,Juventus menjadi klub dengan pendapatan market pool terbanyak pada 2014-2015 dengan nilai 58,2 juta euro.

Pendapatan Juventus tahun ini dari pos tersebut juga dipastikan akan tinggi. Sebagai satu-satunya wakil Serie A sejak perempat final, distribusi terbesar dari pendapatan hak siar untuk klub Italia praktis menjadi milik Juventus.

Iklan

11 responses to “Berapa Sih Hadiah Uang Dari Liga Champions Eropa?

  1. Fantastis hadiahnya ya, Jay. Sya mlah baru tahu klo hdiah itu tak sbrpa dibanding dg hak siar, sponsor, pnjualan tiket, dlsb (club2 top itu). Industri persebakbolaan mancanegara hebat ya, luar biasa apresiasinya.

    Oya, mas Jay, ulasan bolamu keren, tmanan gak sama mas Firman (firmantea blog), dia jg piawai ngulas bola saya liat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s