Kumpulan Kamus berbagai Istilah dalam Pertandingan Sepakbola


Jika kita sering menonton pertandingan sepakbola maka tentu telinga kita tidak asing dengan beberapa kata seperti Offiside, Rebound,pressing dan masih banyak lagi.

Namun beberapa orang hanya mendengarnya saja tetapi tak tahu makna dari kata kata yang saya sebutkan tadi. Berikut ini beberapa kamus kata istilah-istilah dalam pertandingan sepakbola.

1. Offiside

Sering sekali kita melihat pemain yang mencetak gol harus menghentikan selebrasinya dan merasa kecewa karna golnya dianulir wasit sebab pemain tersebut telah berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

Pengertian Offside Secara Umum

Offside adalah Sebuah situasi yang terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Atau dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, offside  yaitu jika ada pemain berdiri sendiri di daerah lawan saat menerima bola umpan dari kawannya. Biasanya hanya berhadapan dengan penjaga gawang saja saat menerima umpan tadi, sedangkan pemain lawan berada membelakanginya. Offside sendiri bisa dihindari oleh pemain yang sudah terjebak didalamnya berikut ini contohnya

Seorang pemain lain dapat berlari ke dalam lini offside bersamaan dengan umpan yang sudah dilepaskan oleh pengumpan, sehingga pemain yang sudah terjebak didalamnya tak perlu berlari mengejar bola, karena sudah ada rekan yang berlari dari zona diluar jebakan offside untuk menjemput bola, maka jebakan offside yang dibuat tim lawan itupun gagal.

2. Rebound

Tak hanya dalam pertandingan bola basket saja istilah Rebound digunakan, didalam dunia sepakbola pun Robound juga sering juga digunalakan, Rebound sendiri adalah bola pantulan, atau bola liar ini adalah contohnya

Jika seorang penjaga gawang berhasil menepis tendangan lawan namun pantulan bola dari tepisan penjaga gawang tersebut mengarah kepada pemain lawan lainnya dan pemain tersebut mencetak gol akibat pantulan bola yang mengarah padanya.

3. Pressing

Sama seperti permainan catur, didalam sepakbola, beberapa pemain membayang bayangi pergerakan lawan sehingga pemain lawan akan mudah kehilangan bola, dan sulit mengembangkan permainan, strategi pressing atau menekan ini membutuhkan banyak stamina karena harus bermain cepat untuk mengunci pergerakan lawan, satu contoh saat Timnas indonesia bertandang ke markas Vietnam saat semifinal AFF Cup beberapa waktu lalu, meski indonesia memenangi pertandingan tersebut, namun sangat jelas terlihat pemain timnas indonesia tak leluasa memainkan bola, karena pemain Vietnam membayang-bayangi setiap pemain timnas indonsia yang membawa bola dan juga yang akan menerima operan bola, sampai kita mendengar satu kata unik dari komentator pertandingan yang mengatakan SERANGAN 7 HARI 7 MALAM DARI VIETNAM.

4. Overlap

Overlape adalah kondisi dimana pemain bertahan dalam sebuah tim ikut serta membantu serangan, sebagai contoh, Sergio Ramos yang mencetak gol yang berasal dari umpan sepak pojok, Marcelo yang memberi assist kepada Cristiano Ronaldo. Strategi ini cukup efektif namun beresiko tinggi jika tim lawan melakukan serangan balik cepat. Maka pemain belakan yang ikut membantu serangan harus secepatnya kembali ke posisi mereka untuk menjaga timnya supaya tak kebobolan.

5. Diving

Pepatah mengatakan, tak ada yang bersih dalam perang dan cinta.

Didalam sepakbola juga tak ada yang bersih, dalam artian strategi didalam pertandingan sepakbola itu sendiri, pemain sepakbola sah-sah saja jika berbuat curang selama tak tercium oleh wasit dan asisten wasit itu semua wajar namu pasti ada resikonya jika pemain itu ketahuan curang atau berakting ketika pertandingan sedang berlangsung.

Salah satunya adalah DIVING,

Diving adalah tindakan seorang pemain sepak bola yang sengaja berpura-pura terjatuh, dilanggar atau kesakitan oleh pemain lain meski tak terjadi kontak fisik, untuk menipu wasit dan memprovokasi pemain,
Meski beberapa pihak telah berkampanya menolak aksi Diving, namun tetap saja hal ini dilakukan oleh beberapa pemain, tak sedikit yang berhasil, dan tak sedikit pula yang mendapat kartu merah karena ketahuan oleh wasit.

BERSAMBUNG KE PART 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s